Program Studi


 

D3 SISTEM INFORMASI

Dengan merujuk visi Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) dan Fakultas Teknologi Informasi UNHASY, visi Prodi D3 Manajemen Informatika UNHASY dapat dirumuskan sebagai berikut: “Dalam waktu sepuluh tahun menjadi Program Studi dengan akreditasi A dengan landasan ilmu agama guna mencetak Generasi Insan Kamil”.

Berdasarkan visi Prodi D3 Manajemen Informatika UNHASY, misi D3 Manajemen Informatika UNHASY dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pembelajaran bidang Manajemen Informatika dengan mengacu kepada perkembangan teknologi dan kebutuhan pasar.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang unggul dan terkini dalam bidang Manajemen Informatika yang berbasis ilmu agama.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dibidang Manajemen Informatika yang berbasis ilmu agama.
  4. Menghasilkan lulusan ahli madya Manajemen Informatika professional dengan masa tunggu kerja maksimal tiga bulan dan berbasis ilmu agama.
  5. Menjalin kerjasama dengan stakeholders untuk menjaga kesinambungan antara proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan kebutuhan pasar.

Adapun tujuan Program Studi D3 Manajemen Informatika adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia yang unggul di bidang manajemen informatika.
  2. Menyelenggarakan program pendidikan yang bermutu, efektif, efisien, akuntabel, dan transparan.
  3. Menyelenggarakan pengajaran secara komprehensif dengan menggabungkan perkembangan ilmu pengetahuan dan problematika masyarakat berlandaskan nilai-nilai Islam.
  4. Menghasilkan tenaga profesional ahli madya yang memiliki ketrampilan teknis di bidang Manajemen Informatika yang berwawasan ilmu agama.
  5. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penerapan Manajemen Informatika untuk mendukung pemberdayaan masyarakat dan peningkatan peran serta tenaga pengajar.
  6. Menjalin kerjasama yang sinergis dengan institusi lain baik didalam maupun diluar negeri.


 

S1 INFORMATIKA

Dengan mengacu pada visi dan misi Universitas dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY), visi Program Studi Teknik Informatika adalah:” Dalam 10 tahun mendatang, menjadi Program Studi terkemuka dan unggul (terakreditasi “A”) di jawa timur dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan lulusan di bidang Teknologi Informatika yang memiliki keluasan ilmu dan kematangan profesional berbasis nilai-nilai keislaman”.

Berdasarkan visi Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi (FTiF) UNHASY, misi Program Studi Teknik Informatika dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan Teknik Informatika yang bernuansa islami untuk menghasilkan lulusan yang profesional di bidang Teknologi Informatika, berwawasan kewirausahaan, menguasai bahasa arab dan bahasa inggris.
  2. Melakukan dan mengembangkan penelitian yang unggul dalam bidang Informatika.
  3. Melaksanakan Pengabdian kepada masyarakat dibidang Informatikayang berbasis ilmu agama
  4. Menghasilkan tenaga profesional di bidang Informatika yang berbasis ilmu agama.
  5. Menjadi pusat pengembangan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan Informatika yang berbasis agama di Jawa Timur.
  6. Mengembangkan kerjasama dengan berbagai instansi dan stakeholder untuk keberlanjutan pelaksanaan Program Studi.

Adapun tujuan dari Program Studi Teknik Informatika, FTIF UNHASY adalah:

  1. Menyiapkan pesertadidik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik dibidang Informatika yang berwawasan ilmu agama sehingga mampu berkompetisi baik secara nasional maupun
  2. Mengembangkan, menyebarluaskan, dan mengimplementasikanilmu informatika untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, kesejahteraan manusia, media penyebaran agama islam, dan memperkaya khasanah kebudayaan islam.
  3. Berperan membangun masyarakat madani (civil society) yang berakhlak karimah, mandiri, dan demokratis.


 

S1 SISTEM INFORMASI

Visi program studi Sistem Informasi Universitas Hasyim Asy’ari (UNHASY) dapat dirumuskan sebagai berikut: “Sebagai Program Studi yang Unggul dalam Bidang Sistem Informasi dan Pusat Pengembangan Ilmu Sistem Informasi yang Islami untuk Mencetak Generasi Insan Kamil dalam 10 tahun kedepan di Indonesia”.

Berdasarkan visi Program Studi Sistem Informasi UNHASY, Fakultas Teknologi Informasi (FTiF) UNHASY, misi Program Studi Sistem Informasi dapat dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menyelengarakan proses pendidikan dan pengajaran yang bernuansa islami untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi.
  2. Melakukan dan mengembangkan penelitian di bidang Sistem Informasi berbasis ilmu agama
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu Sistem Informasi berbasis ilmu agama.
  4. Mengembangkan kerjasama kemitraan yang sinergis dengan dunia kerja dan dunia industri dalam dan luar negeri.
  5. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dalam dibidang Sistem Informasi agar dapat berkompetisi di dunia pekerjaan baik tingkat nasional maupun international dengan dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Adapun tujuan yang hendak dicapai oleh Program Studi S1 Sistem informasi adalah menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang profesionalisme dibidang sistem informasi yang mampu berfikir, bersikap, bertindak sebagai ilmuwan yang peka terhadap lingkungan dan berwawasan ilmu agama.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu sistem informasi serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat, kesejahteraan manusia, media penyebaran agama Islam, dan memperkaya khasanah kebudayaan Islam.
  3. Mengantisipasi era teknologi informasi, dimana setiap pekerjaan sangat membutuhkan tenaga kerja dalam bidang teknologi informasi.

© Copyright Pusat Data Dan Teknologi Informasi (PDTI) 2017.